Incredible ALOR, NTT (Part 4) - Hulnani & Bampalola

10:16 PM

omg!
Its been almost half year I didn't hold my blog. Lama juga ya.
Aku udah nggak bisa berkata-kata lagi untuk pembukaan tulisanku yang ini karena saking lamanya nggak menyentuh dan meraba-raba keyboard untuk memberi makan blog ku yang masih anak-anak ini anak-anak kenapa meraba-raba ya? But other than that (kalo kata Nessie Judge), I want you to enjoy my next chapter of Alor. Tapi, sebelum itu aku pengen buka cerita dengan beberapa hal.

Kita mulai dengan bahas isu-isu yang ada di masyarakat dan di social media. Aku sebagai salah satu pembaca dan penulis amatiran yang pernah ke Alor, dan sangat menyukai Alor, sangat ngeh dong yaaa kalo misal ada orang yang ngebahas Alor. Salah satu yang aku baca belum lama ini adalah berita dari Kompas.

"Setelah dibuat viral di media sosial, banyak orang mulai berdatangan di Bukit Hulnani. Ada yang datang dari kabupaten lainnya di NTT, bahkan wisatawan asing," kata Opa kepada KompasTravel, Senin (28/8/2017).

Kalian bisa baca berita lengkapnya disini. Sebenernya itu tulisan biasa aja dan ada bagusnya juga sekarang Alor terkenal karna social media dan banyak orang yang tau lewat internet. Cuman, disisi lain, aku takut aja kalo destinasi ini bakal jadi destinasi yang super crowded dan menjadikan daerah ini sudah jauh dari aslinya. Ngerti nggak sih kalian maksud aku? Cobalah ngerti ajadeh ya. Orang yang juga suka ke alam atau setidaknya suka beberapa kali nemu destinasi baru, pasti bisa tau apa yang aku maksud. Why social media whyyyyyy!!!!!!

Awalnya aku juga merasa bahwa aku juga menyebarkan apa isi Alor di social media. Tapi aku share cerita di dalamnya. Aku nggak edit foto dengan sangat yoi, dan camera yang aku bawa juga bukan camera yang muahaalll atau apa. Cuman gopro. So, can you imagine how's the result?

Dan contoh dari salah satu destinasi yang dulunya nggak diblow up di social media adalah Labuan Bajo, Manggarai Barat. Dulu pas aku kesana jaman belum setenar sekarang, semuanya bener-bener alami. Contoh salah satunya adalah pulau Padar. Pas ke Padar dulu, buat naik ke puncak padar yang sekarang heboh banget itu, butuh waktu sektar 15 sampai 30 menit ke puncak karena jalannya yang penuh pasir dan licin. Sekarang disana sudah ada akses jalan buat wisatawan. Udah ada tangga. What the..... Ketika kamu menjadi orang yang bener-bener into nature, mungkin kalian bisa merasakan hal yang sama ketida Padar ada tangganya. Percaya nggak percaya, sebuah kesuksesan akan sangat kamu hargai dan prosesnya nggak akan kamu lupa ketika kamu benar-benar bekerja keras untuk mencapainya. Sama kayak puncak Padar. Buat yang ngerasa seneng jalan di alam kayak aku gini, pasti sangat paham maksudku apa dan yang aku rasain.

Sedikit sedih.

But...other than that guys, let's talk about the looong story of mine about Alor. Hulnani and Bampalola.

Buat pemanasan, aku kasih dulu deh foto jalan menuju Bampalola.

Bampalola
Start here.
The Stairs
The Stairs

Oke itu foto pemanasannya yaaa cuy, udah suka belum hayoo? padalan dipost di awal supaya bisa jadi cover aja sih wk. Anyway, itu foto Bampalola dulu pemanasannya. Mau liat yang Hulnani sesungguhnya. Baca aje kebawah. Jangan males-males wk. Canda bos.

Nah, tanggal 19 December 2015, aku digandeng Nia dan Lia buat main kerumah bapak ibu angkat Lia yang namanya mama Sumi -uuuu I miss you mama Sumi :(- yang rumahnya itu di daerah Hulnani. Pas malemnya sebelum ke Hulnani, udah dikasih tau duluan tuh sama tu cewek berdua, kalo di Hulnani nggak akan ada signal terus susah air. Secaraaaa...di gunung woy! Jadi, kita puasin tuh update-update social media galau-galau di kota wk, maklum, jaman ono masih alay. Oke kami siappp huaa bye social media.

Paginya kami udah mulai mempersiapan apa aja yang perlu dibawa ke Hulnani, termasuk upeti buat dikasih ke mama Sumi dan keluarganya. Iyelah bawa, emang kita sape tidur tinggal tidur. Pas perjalanan dari kota ke Hulnani.......buset dah, ini nggak salah jalan apa emang tersesat dan tak tau arah jalan pulang sih ini. Jadi, belokan jalan buat ke Hulnani super kecil coy, lebih kecil daripada rumah keong gang-gang di Kalabahi. Super nggak ngeh banget kalo jalannya tu bakal ini gitu lho. Pas jalan udah agak jauh, kita mulai nggak yakin. Masa iye kita berempat naik motor matic yang udah nggak niat idup kita sewa??

Kenapa aku bertanya-tanya, karena jalan ke Hulnani itu tinggi paraaaahhhhhh! Dan yang lebih bikin hati miris adalah jalannya. Jalannya itu kayak jalan penuh pasir yang abu-abu ada di jalan gitu tau nggak sih kalian? Ah tau aje ye. Pasir kayak gitu kan suka menjebak ya. Tau-tau bisa bikin kepleset. Apalagi motor matic kami super mungil. Yaaaa, sebagai pembonceng yang handal, saya hanya bisa berdoa kepada Allah supaya Nia dan Lia yang menyetir motor saya dan Ina baik-baik saja dan tidak khilaf menjerumuskan saya ke jurang sebelah. Tu yaa kalo ada ibu-ibu hamil dari Jawa naik ke Hulnani pake motor matic, bisa brojol dijalan kali! Nahan napas sambil ngeden sepanjang perjalanan. Sumpeehh demi ape yee..sebelah jalan yang super horror itu, jurang. Juraaaaaaangggggggg............. *hening*

Nggak lama deg-deg an setengah mati karena jalannya bisa dibilang jalan aborsi, saya terkejut. PAAAIDDDD OFFFF!!!!
Level takjubku ngeliat pemandangan di jalanan aborsi Hulnani itu klimaks. Sayangnya foto jalanannya nggak tau dimana. Aku akan coba cari di beberapa file di HP karena udah lama banget tu foto.

Kayak yang aku bilang tadi, jalanannya super horror dan menanjak banget. Nah sebelahnya jurang bener-bener jurang nggak ada batas apa-apa. Tapi, pas udah agak atasan dikit, oh my GOD! Kalo kalian kesini, kalian bisa liat gugusan pulau Alor dengan sangat super mega JELAS! Pas itu cuacanya juga lagi bagus banget. I was literally speechless at that time. AAAAAA mau langsung loncat rasanya. Eh jangan.

Nyampelah kami dirumah mama Sumi.

Rumah mama sumi deket banget sama sekolah tempat dimana Lia mengajar. Sekolahnya lumayan besar, dan lumayan bagus. Nggak kayak sekolah di beberapa daerah terpencil Indonesia yang sekolahnya mengenaskan gitu sih.

Mama Sumi dan semua keluarganya termasuk anaknya yang namanya Aziz menyapa kami. Kecuali bapak yang masih diluar rumah. Keluarganya ramah, baik, tulus, dan suka ketawa. Yang paling aku inget di keluarga itu adalah kedewasaan dan kemandirian anak-anak mama Sumi yang the best. Mama Sumi punya beberapa anak asuh yang dirawatnya dirumah. Mereka semua baik-baik dan nurut-nurut. Nggak kayak anak-anak nakal jaman now yang sukanya ngibulin orang tua dan bandel. Hmm, siapa itu?

Salah satu yang paling aku inget dari kedewasaan dan kemandirian anak-anaknya mama Sumi adalah pas aku ikut bantuin masak di dapur. Kaget seada-adanya pas ke dapur dan liat salah satu anak asuh mama Sumi lagi masak di dapur yang masih pake kayu bakar dan disebelahnya ada ayam. Bujubuneeeng, asepnya cuuuy.

Dapur mama Sumi dan 2 anak asuhnya

Dapur Mama Sumi
Ya beginilah kira-kira keadaan dapur Mama Sumi. Ketauan megang spatula aja fail. Ini lagi masak tempe ya saudara-saudara.
Rumah mama Sumi di Hulnani ini unik banget sih menurut aku. Dari semua rumah yang aku tidurin (kok terbaca aneh ya..), ini yang paling unik. Tapi tempat tidurnya ter enak ternyaman, ter ter semuanyaaa.. Ter ter aahhh.

Mungkin aku akan jelasin atu-atu yaa.

Rumah mama Sumi ini di ruang tengahnya ada semacam meja permanen super besar. Mejanya bahkan bisa buat duduk diatasnya. Awalnya sih ngira kalo duduk diatas nggak sopan. Eh taunya mama Sumi duduknya diatas. Terus yang lainnya juga boleh duduk diatas.

Kita-kira kayak gini meja permanennya. Nah pintu yg ada dibelakang itu, buat jalan arah ke kebun belakang sama ke dapur kalo belok ke kanan.
Bisa buat dijadiin meja TV juga nih. Canggih uga ya.
Dipotongin mangga udah bahagia ye?
Ini dia the Legend "mama Sumi"

Mama Sumi nyiapin makanan nih buat kita
Dirumah mama Sumi, aku sama Ina udah dianggep kayak anak sendiri. Dimasakinnya bukan dimasakin spesial gitu, kecuali pas pertama kali dateng, dimasakin ayam cuy. Tau ndiri di Alor mahalnya setengah mati eh dimasakin. Seneng dong. Tapi seneng juga kalo dimasakin seperti biasa aja. Kan udah dianggep keluarga hehe. Duh ngomong apaansih w.

Ini dia salah satu makanan kami pas dirumah mama Sumi. Seriously ini super nikmat banget. Aku sempet nambah nasinya :(
Kami juga sempet dimasakin es pisang ijo yang super enaaaaakkkkkkkkkk.

Ini mama Sumi lagi masak es pisang ijo. Noh liat anak gadisnya, nungguin emaknya masak. Coba kalo dikota, udah deh bodo amat emaknya masak, ditinggal aja gitu ke mall. Hmmm...
Terussss nih yaaaa, yang paling super unik dari rumah mama Sumi adalah sumber air dan kamar mandinya. Ini selalu aku ceritain ke orang-orang dan tiap orang nanya Alor uniknya apa. Ya ini.

Penampungan Air. Air hujan.
Jadi, karena Hulnani adalah dataran tinggi. Super tinggi, makanya susah banget air disini. Bahkan nggak ada air. Makanya orang disini bikin bak penampungan air. Airnya adalah air hujan. Bukaaan maiiinnnnnn.

Air buat mandi, buat makan, buat minum semuanya dari sini. Semua orang di Hulnani membuat bak seperti gambar diatas itu buat kegiatan sehari-hari. Cara menampungnya itu, kalo udah musim hujan, genteng otomatis kan kotor bekas musim kemarau, nah hujan dibiarin aja gitu jatuh dan nggak dimasukin bak. Baru hujan kedua, air hujan dialirkan ke bak untuk ditampung buat kebutuhan sehari-hari.

Beberapa foto yang aku attach diatas, yang aku bilang meja super besar dirumah mama Sumi, ya isinya air hujan buat kebutuhan sehari-hari ini. Jadi super besar kan. Hebatnya lagi, bak disini sama sekali nggak pernah kotor karena lumut. Pertama diceritain sempet nggak percaya dan heran. Pas udah mandi beneran dirumah mama Sumi, baru deh percaya.

Ini super guedeee..
Alhamdulillahnya, pemerintah Alor juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat disini dan kalo nggak salah ngasih semacam vitamin kalo buat makanan, nah ini buat air, supaya nggak kotor dan nggak bahaya buat digunakan sehari-hari. Salute.

Udah liat bak penampungannya, masa nggak liat kamar mandinya?

Yuk liat kebawah.

Kamar mandi nih
Pasti pikiran kalian pertama kali pas liat ini "kok nggak ada pintunya?". SAMA.

Pertama kali mau mandi, kaget parah kenapa begini kamar mandinya? Karena pas itu aku mikirnya udah aneh-aneh. Rumah mama Sumi kan penghuninya bukan perempuan doang ya. Ada suaminya mama Sumi, ada anak-anaknya, ada Aziz. Kalo diintip? Hilang harga diri w. Oh ternyata, pemikiran selebay ini emang cuman aku yang punya. Semua orang disini nggak ada yang pemikirannya kayak aku. Secara otomatis, orang-prang dirumah mama Sumi akan sangat ngerti pas ada orang mandi atau enggak. Jadi, mereka nggak akan mendekati kamar mandi. Gitu ceritanya.

Ya kira-kira itu gambaran rumah di Hulnani. Rumah mama Sumi ini menurutku sudah sangat mewakili rumah sebagian besar masyarakat Alor. Kalian juga semoga bisa membayangkan ada dirumah mama Sumi. Mehehe..

Keesokan harinya, aku sempet nanya sama Lia dan Nia, mau kemana kita selanjutnya? Eh aku nya lupa. Pokoknya seinget aku, pas mau keluar rumah, Aziz dan adik perempuannya (namanya lupa :( temen-temen Alor bisa komen dibawah kalo inget namanya ya hehe) disuruh sama mama Sumi untuk nemenin aku, Inna, Lia, dan Nia kerumah pak Guru. Eh pak guru sape nih? Ternyata temen mengajarnya Nia di sekolah. Ini juga eike lupita namanyaa. Ehmm, maap.

Sesampainya kami di rumah pak Guru, entah Nia dan Lia ngobrolin apa, pokoknya tau-tau aku sama Inna diboyong aja tuh jalan ngelewatin desa-desa disana. Dan for your important information, semua orang di Hulnani, itu udah kayak saudara banget. Kayak semua kenal gitu. Ini beneran ya, pas kami jalan dari rumah pak Guru mau ke tujuan, Nia sama Lia selalu nyama ibu-ibu yang keliatan aja gitu. "Mari Mama..Mari Maa". Dalem ati aku "emang semua emak lu?" dan hebohnya aku nanya "itu siapa?" dan Lia&Nia ya emang nggak tau. Mereka cuman nyapa, aku ikutan jadinya wkakaka. Seru uga ni desa. Semua emaknye. Heranku, kenapa semua ibu-ibu dipanggilnya "Mama", sedangkan kalo bapak-bapak, dipanggilnya juga bapak, bukan "Papa", oh Papa....

Subhanallah.

Sesampainya di tujuan, aku cuman bisa mengucap satu kata itu. Menurutku udah nggak ada kata lain yang bisa menggambarkan betapa huge nya Indonesia dan ciptaan-Nya. Bukan karna aku sok agamis, tapi karena udah bingung mau ngucap apa saking menakjubkannya yang waktu itu aku liat. Cuman bisa percaya kalo Tuhan itu emang sebaik-baiknya art-ist. These are our photos.

Get Ready! My very first photo above the stairs of Bampalola.
Begaya dikit. Tapi tu mata ngarah kemane woy?
Hmm, cuchox meong ala-ala
Nah, ini dia tuan rumah Hulnani. Anak kesayangan Mama Sumi. Ya to Lia? hehe
Perempuan paling jail se Alor. Bos genk juga nih. Tapi baiknya juga juara!!!
Oke. Cukup foto-foto di "gerbang masuk" menuju Bampalola. Ini muka kita masih cantik-cantik. Celana juga masih bae-bae aja. Let's get started!

Perjalanan dari Hulnani ke Bampalola itu membutuhhkan watu sekitar 1 sampe 2 jam naik turun gunung. Ya kayak yang kalian liat di foto atas itu. Kalo AKS alias anak kampung sini 15 menit sampe setengah jam uga nyampe. Saya pernah naik Semeru beberapa waktu sebelum ke Bampalola, tapi jalan di Semeru tidak se"ganas" di Bampalola. Nih, ada beberapa fotonya, cuman karena kami bukan pro di sesi photo mem-photo atau angle yg bagus di social media, maka jadilan foto seadanya seperti
dibawah ini.

Awal-awal masih happy-happy, tangan masih pegang hp buat poto ala-ala buat di social media gitu. Belum tau ni anak cobaan apa yang akan dihadapi.


Ini muka masih bahagia nih awal-awal. Tangan sudah mulai memegang tongkat sakti.
Ini jalannya masih nyenyong-nyenyong, alias nyanyi-nyanyi. Oh iya, perjalanan kami ke Bampalola itu seru karena tiap kami teriak, suaranya menggaung, kayak di gua gitu. Seruuuuuu!
Muka udah keliatan maksa buat bahagia. Noh, liat perjalanan masih jauuuh
Ini orang emang gada capeknya. Ina aja dibawah noh kalo kalian bisa liat, doi udah encok.
Mereka ini anak-anak SD, tapi buat naik turun bukit kek gini, mereka nungguin kita yang lama banget jalannya kek keong. Maluuuuuuuu maluuuuuuuu
Ini Nia bingung sama manusia-manusia di depannya. Pada ngapain ngelompok gitu. Arisan apa gimane?
Muka memaksa happy karena perjuangan masih jauh walaupun Bampalolanya dah keliatan. Pemandangan aslinya belakangku itu yoi bet cuy. Tapi kenapa jadinya cuman kaya begono ya.
"Hah?? Jalan lagi nih kita?"
Anddddd voilaaaa... Sampailah kami di Bampalola. Ini yang pertama kali kami lihat.

Keadaan di Bampalola
Mungkin buat kalian yang nggak tau, Bampalola ini isinya cuman sedikit kepala keluarga. Rumah yang ditinggalin juga cuman sedikit. Jadi, disini sepi banget. Apalagi kan ditengah padang bukit begitu yak. Kami juga berjalan sedikit liat-liat daerah pertama dari Bampalola yang kami injak. Kayak contohnya rumah adat ini.

Salah satu rumah adat di Bampalola

Hampir sama kayak Takpala, yang aku ceritain di Part 1 Alor, Bampalola ini desa yang ada beberapa rumah adatnya. Tapi, bedanya Bampalola sama Takpala, orang-orang sini bener-bener jadul seada-adanya. Jadul dalam arti bukan nggak bagus ya. Tapi suku di Bampalola ini bener-bener jauh dari kota. Kalo kalian pernah liat acara di TransTv judulnya Ethnic Runaway, nah orang-orang disini kayak gitu. Ini versi real-nya ya.


Banyak rumah adat disini


Pas kita udah sedikit liat-liat, kami mikir baiknya ketemu sama kepala desa dulu deh buat “sowan” kalo dalam bahasa Jawa. Nggak etis dong kalo ibaratnya kita masuk rumah orang tinggal masuk aja dan nggak permisi. Dikira maling ntar.

Ketika kita memutuskan untuk mencari kepada desa di Bampalola, keadaan desa ini super sepi. Hampir nggak ada orang. Aku mikirnya juga orang yang mau kesini juga mikir 2 kali bahkan lebih. Buat akses kesini aja susahnya setengah mati. Apalagi kalo ada ibu-ibu arisan piknik ke Alor. Aku yakin 10,000 persen nggak akan ada Bampalola di list piknik mereka. Bisa encok jadinya ngelewatin bukit mematikan, tapi cantik sih. Cantik ngets. Emm, kecuali Syahrini ya, kalo kesini bisa pake helicopter manjaahnya.

Finallyyyyyyy, setelah mencari-cari rumah kepala desa, akhirnya sampailah kita di saat-saat yang menegangkan berbahagia. Kami ketemu sama kepala desa Bampalola. Pertama kali yang aku pikirkan ketika ketemu sama mama kepala desa Bampalola adalah “gila ya ini mama-mama, kalo hidup di kota pasti cantik. Giginya masih utuh dan bagus banget padalan udah tua”. Memang sih, kebanyakan orang di Alor, hampir 90 persen orangnya masih punya kebiasaan ngunyah sirih pinang. Aku bahkan pernah disuruh nyoba sama mama Sumi. Karena penasaran, ya nyoba aja walaupun abis itu muntah-muntah wk. Lemah w.

Mama Kepala Desa. Bisa disebut kepala suku juga sih.

Sirih pinang emang udah teruji banget deh kekuatan dan khasiatnya. Rata-rata, eh bukan rata-rata. Hampir semua orang di Alor yang ngunyah sirih pinang, giginya pada bagus bet. Aku aja setengah mati mau benerin gigi, pake di behel juga 4 tahun buat rapi. Eh, ini ngunyah doang, gratis, giginya jauh lebih bagus daripada aku. Sedih w.

Balik lagi ke mama cantik kepala desa. Doi adalah satu-satunya mama yang ditakutin dihormati sama orang sini. Tapi demi apeee doi baik ngets. Nggak ngerti lagi deh pokoknya ramah banget. Memang dia nggak senyam senyum kayak pejabat yang banyak pencitraan gitu sih, tapi dari jawaban yang dia kasih pas kami nanya-nanya, dia ngerti dan menjawab dengan ramah. Inget banget, mama kepala desa ini nggak bisa bahasa Indonesia, so kami harus minta yang bisa bahasa Alor untuk menerjemahkan hahaha.

Mama yang ramah. Mukanya kek galak gitu padalan baik
Kalo nggak narsis, bukan kite namanya
Setelah selesai “sowan” sama mama kepala desa, kami lanjut jalan-jalan di daerah Bampalola. Waktu itu, aku sempet ngebayangin, gimana coba rasanya hidup di daerah sini? Jauh banget dari keramaian, peradaban, bahkan pasar. Di Bampalola ini, semua warganya akan tetap bergantung sama kota. Hulnani atau Kalabahi. Walaupun mereka jauh dari modern, tapi mereka juga butuh beberapa barang yang nggak ada di alam kan? Kayak contohnya ember, masa mereka mau bikin ember sendiri???? Nah, kalian pasti mikir kalo mereka butuh ke pasar, masa iya harus naik turun gunung gitu? Jawabannya adalah IYA. Menurut L?

Nih ku kasih foto jalan-jalan ya. Tapi nggak banyak sih.
Nemu buah yang nggak tau namanya

Rumah Adat Lakatul

Rumah-rumah di daerah Bampalola

Aziz cari apa?

Iye Lakatul

Ini cewek atu lucu uga

Ini juga
Salah satu yang unik di Alor itu adalah kalo keluarga mereka ada yang meninggal, dikuburnya tu deket-deket rumah mereka. Jadi nggak ada kuburan sendiri gitu. Tapi, mereka nggak pada takut kayak kita-kita yang di Jawa gitu sih. Dan hebatnya juga, mereka juga ngebersihin lho. Rajin kaan..

Kuburan lho ini

Kuburan lagi
Kalo kalian pernah denger kalo aku sih dulu enggak, Alor termasuk Bampalola ini terkenal dengan “manusia terbang”nya. Susah jelasinnya manusia terbang itu kayak apa. Ya pokoknya literally terbang deh. Salah satunya kenapa ada manusia terbang adalah jarak dari desa satu ke desa lainnya terpaut sangat jauh. Ya kayak dari Bampalola ke Hulnani aja gitu. Rempong kalo mesti jalan kaki meen.

Liat aja segitu jaug, jalan kaki capek woy. Terbang aja mending.

Ada juga sejarah tentang Bampalola yang agak mistis. Sempet dikasih tau sama bapak guru, cuman karena aku nggak terlalu mengerti dan mempelajari tentang mistis di Bampalola dan apa yang terjadi dulu disana, aku nggak bisa cerita di blog ini. Kalian bisa browsing sendiri ya… Kalo kalian suka sejarah dan adat istiadat tiap daerah di Indonesia, pasti cerita Bampalola ini akan menarik menurut kalian. Kalo w sih getoo.

Kami juga menyempatkan foto sama warga yang ada disana juga dong. Mumpung.

Ini mana warganya? Ya anak biru itu kali ya. Lupa wk

Anggep aje iye udah

Bahagia ya wk

SAATNYA PULAAANG...
Lah, pulang?

Ok. Hela nafas. Mari kita berjuang melewati gunung indah ini.

Aziz kenapa jauh binggow

Bukit aborsi

Entah sesudah atau sebelum celana robek wkaka

Bukit ngangenin

Nah, sampailah kami di stairs of Bampalola hehe. Disana ada tempat duduk kecil dari semen sama beberapa batu-batuan gitu bisa buat duduk. Rasanyaa legaaaaa banget. Seneng banget bisa ngelewatin dan tau banyak tentang salah satu desa dan suku yang ada di Indonesia ini. Perjalanannya juga berkesan dan aku nggak akan lupain ini seumur hidupku. Pas udah duduk buat istirahat setelah jalan jauh, bapak guru juga sempet cerita banyak tentang Bampalola. Nah, sejarahnya kalian bisa browsing kayak yang aku bilang tadi. Karena ceritanya terlalu sensitif, makanya aku nggak bisa beberin disini hehe.

Bampalola selesai…..huft nafas dulu ngetiknya ya.. Banyak uga za..

Eh, udah pagi lagi.
Pagi ini sebelum kami move on ke rumah lain dan ke Kalabahi, Nia sempet ngajakin “CFD” versi Hulnani. Sempet cerita-cerita dijalan juga. Wah, kita mau CFD nih. Dijalan menuju lokasi CFD kami, ada beberapa pohon nagka yang nangkanya udah mateng dan mancing banget buat dipetik. Eh, si Nia yang super inisiatif tapi jail nyuruh Lia buat manajat pohon Nangka buat sarapan. Aku langsung nyeletuk lah “emang Lia bisa?”. Secara, kalian bisa liat deh foto-foto Lia di beberapa postingan aku, di postingan ini juga ada, kalemnya setengah mati. Salah satu guru SM3T Alor tercantiks mana bisa??? Taunya bisa. Takjub w. Bisaaaaa coyyyy!! Ada sih videonya, tapi bingung caranya kasih video gimana haha. Gaptek.


Jalanannya kira-kira kayak gini
Are you ready for the beautiful Hulnani dan bukit yang sekarang super terkenal di social media? Nih…nikmatin aja. Tapi kalo kalian nggak suka alam dan cuman buat kebutuhan social media, mendingan nggak usah kesini.


Team CFD
Mau foto disini susah banget. Bener-bener langsung jurang.

Berdiri gini kaki kerasa kesemutan

But the view is woth it.

Aku kesini sih di tahun 2015 akhir. Akhir banget emang, Desember. Aku nggak tau sekarang Hulnani sudah jadi kayak apa karena lagi terkenal. Seorang Marshall Sastra aja yang udah pernah jalan kesana kesini, doi tep pengen banget ke Alor.

Pas udah kelar CFDan, kami pulang deh sama anak-anak mama Sumi juga. Karena kami CFDan rame-rame dong. Oiya, CFD an kali ini tanpa jajan-jajanan bermicin dan jalan raya super besar ketutup gedung-gedung. CFDan kali ini isinya makan sehat, nangka tadi, jalan berliku isinya buah-buahan jatuh, dan pemandangan yang super breathaking. Bikin bersyukur terus setiap liat pemandangan. Priceless.


View samping

ini juga


Saat-saat speechless

Wow ada lolipop

Meaningful.
Nah, udah nyampe rumah, seperti biasa kami salaman sama mama Sumi, dan sarapan. Selalu enak makanan di sini. Kerasanya nikmat terus karena di Alor kebanyakan kami makan seadanya, dan di rumah mama Sumi, kami dimasakin ayam. FYI, ayam di Alor mahal banget. Kalo nggak ada tamu spesial, nggak akan dimasakin ayam. Jadi, mama Sumi nganggep kami spesial? It was more than a sweet memory.

Pamitan yuk sama mama Sumi dan Aziz, terus semuanya juga.

Thank you for the well spent days, mama Sumi dan keluarga.


Mama Sumi's full team.

Thank you for the life story.

Aku nggak akan pernah merasa bersyukur hidup di era yang super modern dan banyak sekali kemudahan yang bisa aku dapatkan karena aku tinggal di kota. Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang nggak ada di Hulnani, tapi ada di kotaku. Mama Sumi dan keluarga mengajarkan bagaimana patuh kepada orang tua dan tetap bahagia over everything.


Eh ada Nia
Hulnani dan Bampalola adalah salah satu destinasi yang aku selalu harap bisa kembali.

Selamat jalan-jalan. Jangan buang sampah sembarangan ya..

Xoxo,
Wamanda.

You Might Also Like

7 comments

  1. q tau man permasalahanmu disini cuma satu, yaitu "ayam" hhahaha , btw itu dsana emang dingin y?kok tanah e ky digunung. lanjut man, skrang kyae nulisnya lbih fokus ni dlhat dri dtail critanya *sotoy hhe, dtunggu padar tempo dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan dingin.hampir mirip bandung sih kalo siang.kalo malem yaa namanya di gunung ttep lebih dingin hhaa

      Delete
    2. Makasih udh ke kampung halaman saya bisa pinjam fotonya vk

      Delete
  2. The experience is quite amazing and the scenery is very beautiful. Success always @mbak manda.

    ReplyDelete
  3. ndak sengaja nemu artikel tentang Alor,well done Manda...,
    Cerita yang amat panjang dan kesana-kemari,tapi menarik lah untuk dibaca,
    dan yang penting banyak pengetahuan baru yang dibagi disini,
    terkadang kita harus keluar untuk melihat dunia yang sebenarnya,
    yang bukan hanya ada kita tetapi disana juga ada aziz yang selalu ceria,
    ada Sumi yang selalu ramah,ada juga mama yang ternyata kepala desa disana,
    dan cerita tentang kesederhanaan mereka,
    jarang ditemukan dikota yang sebagian orang mengejar jabatan,pekerjaan,status sosial dan uang saja.
    Just Keep writing......

    ReplyDelete

Like us on Facebook