Incredible ALOR, NTT (Part 3) - Pantai Batu Putih & Dermaga

1:12 AM

Soooo, untuk pembaca yang baru baca part 3 ini, aku mau ngelanjutin part 2 nya yaeyalah. Mari kita bahas masalah celana. Oke, kalian nggak salah baca. Celana.

Celana Gemay
Celana gemaayy

Tapi ada sedikit salah info di Part 2, jadi aku ada kasus "celana" ini setelah pulang dari dermaga pantai Maimol. Yaudah, biar nggak penasaran, kita bahas celana dulu aja gimana? Maulah yaa.. udah ngebet banget mau cerita ini lhoo..

Okay, sesuai tulisan diatas dan biar nggak bosen baca itinerary ku doang, ayo kita bahas celana aja ya yang sebenernya nggak penting tapi sedikit penting buatku. apasih lu. Tapi maaf jika kalian membaca blog jalan-jalan ini jadi kayak diary, tapi gapapalah ya wakakaka. Jadi, buat kalian yang sering liat foto-foto artis atau selebgram atau apalah itu namanya yang orang-orang terkenal terus kalo liburan pake celana pendek, baju sexy-sexy atau semacamnya, itu berarti mereka liburannya nggak numpang. Yaaaa, apalah daya saya dan Inna Ria Nurani hanyalah hempasan debu yang bisanya cuman numpang biar ngirit doang. Nah, karena numpang ini, kami banyak belajar tentang "pakaian" sama anak-anak SM3T. Sebagai seorang "pe-numpang" bukan hanya menjaga sopan santun dalam berbicara atau sikap, tapi juga outfit. Jadi gini ceritanya...

Hari pertama kami sampai di sekre anak-anak SM3T setalah kami pulang dari dermaga pantai Maimol, sampailah kami di sekre anak-anak SM3T. Sekre ini cukup besar daripada rumah-rumah disebelahnya. Langsung deh kami masuk aja. Sesi kenalan-kenalan pun dimulai, haha hihi tanya ini tanya itu juga udah. Sampailah aku sama Inna di saat kami harus mandi karna badan udah lengket udah kayak lem. mungkin buat nepelin amplop bisa kali. Yaudah, waktu itu Inna duluan yang mandi abis itu baru aku. Pas kami sudah selesai mandi, otomatis outfit kami udah outfit buat stay dirumah aja, dan tidur. Orang kita nggak akan kemana-mana karena udah malem. Eh, singkat cerita, Nia bisik-bisik ke aku. Aku lupa spesifik bisik-bisiknya Nia kayak gimana, tapi intinya.....

"tolong jangan pakai pakaian pendek kaya gitu karena disini juga ada cowok yang bisa liat kamu pake celana gemes"

Seketika hatiku meletek...

Ini muka mau taruh dimaneeeeeeeeee. Omg! Seketika itu juga aku langsung ganti celana dan bilang Inna juga untuk ganti celana. Pas itu, Inna masih nggak paham aku bilangin suruh ganti celana panjang. Masih aja nanya kenapa-kenapaa. Ndun, pleaseee...........

Nah, dari pelajaran aku diatas, emang jadi orang harus tau tempat. Even if they're very welcome to us, it doesn't mean we loose everything. Ya, intinya outfit itu berpengaruh besar buat aku dan mereka. Mungkin kalo aku nginep sendiri, aku bebas pakai baju apa aja. Saking aku nggak pernah ngeh kalo ternyata outif itu bikin orang disekitar kita risih atau berfikir aneh-aneh dan lain-lainnya. Apalagi, hari-hari selanjutnya aku akan numpang-numpang di tempat keluarga angkat mereka yang tersebar di seluruh penjuru Alor. Nggak sopan aja kalo pake celana sependek di foto atas itu. Maafkan aku teman-teman, aku tidak akan mengulangi lagi kecuali di labuan bajo haha.

Jadi, begitu saja cerita saya masalah "celana" yang akhirnya usai ini haha. Nah, biar kaya film lagi, mari kita masuk ke alur mundur.

Wahai teman-temanku yang ku sayangi, hari kedua di Alor cukup bisa bikin aku bahagia. Pokoknya seneng aja gitu bawaannya, walaupun numpang dan semua seadanya, kayak makan dan tidur dan lain-lainnya, tapi aku senang sekali. Semua kesan yang aku rasakan pas di Alor bakal aku bahas abis di akhir part Incredible Alor, NTT yang nggak tau bakalan jadi berapa part karna semua tempat menurutku harus kalian tau.

Hari kedua pagi, kami udah siap-siap mau ke Ilawe. Ilawe itu ada di kecamatan Kabola, masih satu pulau sih sama Kalabahi. Kami bermaksud buat berkunjung ke rumah Umi dan main ke Pantai Batu Putih. Pagi itu sedikit mendung, emang kan kami ke Alor sudah dibilangin sama si Nia suruh bawa mantol. Pokoknya harus komplit di tas carrier.

Umi itu juga guru SM3T Alor yang punya orang tua angkat dan mengajar di daerah Ilawe. Perjalanan dari sekre Kalabahi ke Ilawe sekitar 30-45 menit pake motor. Jalan menuju Kalabahi sampe perbatasan Ilawe masih bagus tapi perjalanan setelah masuk daerah Ilawe, jalannya cukup bikin tangan kamu kapalan. Ada yang nggak tau kapalan ya? Coba search di Google deh haha.

Sesampainya di rumah orang tua angkat Umi di Ilawe, aku sama rombongan dari Kalabahi istirahat dulu, makan-makan dulu, haha hini, ngeteh, dan ketawa-ketawa bareng-bareng sama Umi dan keluarga angkatnya.

Dan for your additional information, celana ku juga jadi satu kerepotan pas mampir dirumah orang tua angkat Umi. Minjem selendang temen buat dijadiin sarung ala-ala biar nggak keliatan celana gemay ku ini. Tapi aku pikir tep mereka tau sih. Tapi yaudah sih, mau gimana lage -,-

Ditengah-tengah kami makan-makan haha hihi, tau-tau aku ngeliat Nia main bola sama anak-anak di depan rumah orangtua angkat Umi. Aku baru sadar kalo anak-anak tetep main bola sama bercanda-bercandaan di lapangan padalan posisi hujan. Kami semua aja pada neduh dirumah sambil minum teh, tapi mereka asik gitu main di lapangan.

Nggak lama kemudian, aku sama Inna dan Lia turun ke lapangan. Nyesel aja gitu ntar kalo ngelewatin moment pas udah di Ilawe, kok nggak total sekalian hujan-hujanan sama anak-anak, main bola dan main-main ngobrol juga sama anak-anak cewek di depan SD Ilawe. Gileee gile gileee.. pas kami udah turun ke lapangan, semuanya ngeliat kita kaya tourist entah dari negara antah berantah. Pas kami keluar rumah, aku baru sadar banyak tetangga-tetangga orang tua angkat Umi bejejer mengintari rumah Umi buat ngeliat kami. Berasa jadi artis sehari. Ah jadi nggak enak padalan seneng banget, kenapa nggak minta ttd sekalian ya? Ini beberapa foto kami waktu main di lapangan. Semoga bisa ikut ngebayangin wkakaka. Makanya buruan ke Alor biar nggak ngebayangin doang :)



Mungkin mereka mikir "Ini dua orang ngapain mangap-mangap?"


Bahagia banget ya dek?

Kaget?

Mangap banget?




Si Indun terlalu ceria

Laper dek?
The girls

Existing girls
I'm too in love with them :(
Setalah kami udah puas main-main di lapangan, becek-becek an sama anak-anak perempuan di lapangan, akhirnyaaa makan siang kami sudah siap. Udah disiapin makan waktu itu sama bapak ibu angkatnya Umi. Sayangnya kami nggak foto waktu itu. Mungkin saking kelaperan, jadi udeehh sikaaaaatttttt!

Setelah makan siang sudah selesai, kami semua sholat, abis itu cussss deh ke pantai. Pantai ini deket banget sama rumah Umi. Paling cuman 10 menit nyampe. Waktu itu kami diantar sama kakak angkatnya Umi. Karena pantai ini sepi, jadi mendingan ditemenin. Daripada nanti kami nyemplung ilang dilaut yakaleeee.

Pantai Batu Putih
Pantai Batu Putih
Aduh belum siap udah difoto, kan maluu~~

You will be missed, dear Batu Putih :')

Yap! Namanya pantai batu Putih. Pantai disini udah kayak private beach sih. Tapi memang hampir semua pantai di Alor kayak pantai pribadi. Bahkan, waktu aku ke Alor, aku ngeliatnya kayak orang di Alor sudah menganggap pantai sebagai bagian dari Alor. Ya kayak "yaudah pantai, mang nape?". Mungkin karena disekitar Alor, isinya pantai dan pulau-pulau kecil yang cantik-cantik banget semuanya. Jadi, mereka juga udah biasa sama pantai dan semacamnya.

Gilak yaa.. kita aja orang jawa kayak haus banget akan pantai. Ya yang merasa aja sih -_-
Rasanya kalo ngeliat pantai pengennya langsung nyemplung, main air, seger-segeran. Pokoknya semuanya deh. Aku suka pantaaaiiiii...

Kenapa pantai ini dinamain pantai batu putih? Ini karena disini ada batu warna putihnya wkakakaka. Oke ini fotonya.

Nah, batu putih di belakangku ini yang menjadi inspirasi nama pantai ini jadi "Pantai Batu Putih". Kalo ijo ya pantai batu ijo. Gitu kali ya..
Pasir di pantai ini nggak terlalu halus, tapu putiihhh banget. Di sepanjang pinggir pantai juga banyak bebatuan gitu. Di jawa ada juga pantai yang mirip kayak gini. Kalo nggak salah namanya Pantai Sembukan. Semoga benar.

Gambaran batu-batu di sepanjang pantai Batu Putih
Namanya juga orang jawa yang nggak terlalu sering liat pantai. Yaaa..bisa dibilang jarang banget, pasti kegirangan. Temen-temenku yang di Alor juga pasti masih kegirangan sih liat pantai.

I'll never know Alor without you guys :')

Guardian Angels of Alor. Nah, yang namanya Umi itu yang pake jilbab peach itu. Dia tinggal di Ilawe.
Udah. Begitulah permainan kami di Pantai Batu Putih. Kami pulang dooong. Eh mampir dulu aja jangan langsung pulang.

Kata Nia, setelah dari Pantai Batu Putih, kami mau ke Dermaga. Katanya disana banyak anak-anak yang cari ikan dan renang-renang di dermaga. Aku ngebayangin aja waktu itu.
"Apa nggak kotor ya? Masa deermaga dibuat tempat berenang?"
"Anak-anaknya apa nggak bahaya sih?"
Dan pemikiran-pemikiran yang awam banget masalah ke-laut-an pun bermunculan satu persatu. Sotoy lau nda -_-

Eh tapi pas kami keluar dari Pantai Batu Putih, kami sempet berhenti di beberapa spot. Nggak ngerti lagi deh. Alor selalu memberi kejutan disetiap step yang aku ambil. Mungkin kalo nggak percaya, kalian bisa tanya sama temen-temenku Alor, aku sangat merepotkan karena selalu berhenti di tengah jalan, atau sangat lamban naik motor atau jalan. Yaeyalaaahhh, setiap beberapa step aja turun atau berenti buat foto. Buaguuuuuuuuuussss buanget.

Salah satu kejutan yang kami temui diperjalanan ke dermaga dari Pantai Batu Putih adalah pohon asem. Mungkin buat beberapa orang udah nggak asing ya sama pohon asem. Tapi, aku baru pertama kami tau pohon asem ya pas di Alor dan pohonnya ada di deket pantai. Oh my God.

Part of them
Pas perjalanan juga kami sempet lwat rumah-rumah yang masih kentel banget Alornya. Ya.. beberapa rumah disana bentunya hampir sama. Terutama di daerah Pantai Batu Putih itu sendiri sih. Aku juga ada fotonya kok. Teteeeuuppp.. tapi kali ini ada foto rumahnya sendiri kok, tapi aku nya juga ada wkakaka. Maap maap ye.

Rumah di Alor
Rumah di Alor

Maap

Nah, sekalian deh aku jelasin. Aku di Alor kemana-mana naik motor (kebanyakan). Selebihnya sih naik otto (angkot Alor namanya otto). Udah deh liat aja penampakan aku dan Inna dengan motor unyu-unyu but stong haha.

The power of motor super strong

Percayalah ini motor lebih kuat daripada motor trail!
Aku sedikit lupa ini motor anak-anak Alor atau motor waktu aku nyewa di Alor. Karena availability of motorcycle di Alor terbatas. Juga karena motornya dipake temen-temen SM3T untuk ngajar, jadi mau nggak mau kami nyewa motor. Ternyata, yang nyewain motor orang Jawa juga. Waktu itu kami sewa motor di Kalabahi, nggak jauh dari tempat tinggal kami di Kalabahi. Aku lupa nama bapaknya siapa :(
Tapi tempat persewaannya di tengah kota dan bapaknya jualan ayam gitu. Tips buat kalian yang mau ke Alor dan berencana untuk sewa motor, bolehlah kalian cari di Kalabahi aja. Jangan cari-jari di pedesaan atau desa-desa atau juga pulau-pulau di Alor as well karena nggak akan dapet. Jangan bayangin ini di Bali yang kalian bisa nyewa motor disemua tempat dan harganya sama. No way! Kalo kalian bisa bahasa Jawa, itu akan lebih membantu dan "mungkin" bisa menawar biaya sewa motor dengan gampang aja gitu. Soalnya, kebanyakan orang Kalabahi malah orang Jawa Tengah atau juga Jawa Timur. Pokoknya mereka yang bisa bahasa Jawa deh. Nyewa motor di Alor itu ibarat kata udah ada jaminan kalo motornya stong deh. Ya gimana enggak. Bayangin aja motor yang aku naikin diatas itu, bisa naik ke Hulnani, which mean strong banget karena Hulnani itu desa diatas awan. Ceileh bukan Dieng ya. Hulnani.

Kalo biayanya sih nggak terlalu mahal kok. Ya aku bisa bilang kisaran 50-100. Tergantung keberuntungan kalian aja sih dapet berapa wkakaka. Aku soalnya dapet Rp 50,000. Selamat menyewa dan tawar-menawar yaaaa shaaayyy..

Oke lanjooooot..
Kalian masih mau baca nggak? Mau aja deh ya..ya..ya..

Setelah kelar di Batu Putih, kami balik kerumah Umi buat pamitan sama semuanya. Ya berterimakasih gitu udah dianterin, dimasakin, disambut dengan sangat super baik. Ah jadi terharu kan :')
Kami disana bener-bener bak turis yang singgah di negeri sendiri. Aku pribadi jadi bisa menghargai Indonesia dengan segala kekayaan dan keramahannya. Dengan kekurangan dan kelebihannya. Kecuali politiknya. I just don't get it. Bukan urusanku sih. HAHA.

Perjalanan kami pun dilanjutkan buat balik ke Kalabahi tapi mampir ke dermaga dulu kaya yang aku ceritain tadi. Sekitar setengah jam-an deh pake motor.

Pas sampe di dermaga. I was like..
"Aku nggak pernah ngeliat dermaga sebersih dan seramah ini dengan anak-anak yang bermain disekitarnya. Nyari ikan segitu tradisional dan gampangnya. Sebahagia ini main di dermaga"

Aku merasa bangga banget aku sama kayak mereka. I'm Indonesian.
Please..believe me, you MUST go to Alor as soon as possible. Sebelum terlalu terjamah orang-orang yang ngakunya "my trip my adventure" tapi nggak ngerti gimana caranya beramah-tamah sama orang sekitar dan menjaga lingkungan. Adventure for what? (tiba-tiba kesel sama orang yang suka buang sampah sembarangan apalagi di dermaga. Kalian sering nggak sih ngeliat banyak banget sampah di dermaga? Sebau apa dermaga itu? Tau kaan...
Tapi percaya deh, stereotype tentang dermaga yang negative bakal ilang kalo kalian liat ini.

Dermaga
to be honest, aku edit foto ini cuman pencerahannya aja 20%, selebihnya asli )
Dermaga ini memang termasuk dermaga yang kecil sih. Kebanyakan yang pake ini nelayan-nelayan cari ikan di daerah sini. Dermaga ini bersebelahan sama pantai Maymol. Kalo kalian sudah pernah denger pantai Maymol di beberapa stasiun TV yang nayangin karena pasir putih dan kebersihannya, hey aku ada di sebelahnya loh and I was so near with a little piece of heaven. Try try try!

Karena Nia dan kawan-kawan yang juga SM3T adalah guru, jadi murid mereka juga tersebar di seluruh penjuru Alor termasuk di dermaga ini. Langsung deh kami ngajakin anak-anak buat asik-asikan di dermaga. Sekalian cari ikan buat dinner di sekre Kalabahi hehe.

Dapet monster laut haha

Monsternya udah collapse :(

Awalnya kami cuman mau main-main air di dermaga terus lompat-lompatan sama anak-anak. Sayangnya aku nggak ada foto waktu lagi loncat, cuman adanya video tapi aku sudah share di Youtube channel ku. Di part awal-awal ada tuh aku loncat tapi cuman bentar banget. Soon deh aku share semua video yg aku punya tar aku edit hehe.

Eh, mereka lagi berenang dan lagi nyari ikan. Hebatnya, mereka nyari ikan dan semacamnya cuman pake kayak tombak kecil gitu. Lebih hebatnya lagi, mereka jago loh cari ikan. Pas ngeliat mereka jago banget, akhirnya Nia dan Lia, eh sama Siva juga waktu itu beli ikan tangkapan mereka. Satu plastik kresek besar cuman 10 ribu dan pastinya fresh dooong.

Karena terlalu seru, aku ikutan berenang sampe lupa waktu dan badan apalagi rambut udah nggak ngerti lagi deh. Udah bodo amat mau difoto jelek juga ayooo. Kebersamaan bareng mereka tanpa ngeliat penampilan jauh lebih priceless.

Abaikan ekspresi terlalu happy saya. Emang happy banget sih HAHAHA

Foto diatas itu waktu aku udah kelar main loncat-loncatan sama anak-anak Alor. Airnya dingin banget paraaah, tapi suegeeerrrrr rek.

Kami juga nggak akan ngelewatin foto sama "aset Alor" ini dong yaa. Pemandangan yang bisa dibilang 1001 di dunia.

You guys are incredible beyond words.

Liat sunset bareng yuk

Dingiiiinnnn

One thing I wanna share with you adalah, percaya nggak percaya, aku berenang disana hampir 2 jam an dan naik turun naik terjun ke air. Airnya asin memang. Iyalah air laut. Tapi......pas aku udah selesai berenang dan mau pulang, aku kaget dan bingung disekitar dermaga nggak ada kamar mandi atau bahkan air tawar buat bersihin badan at least. Aku sempet worry sih waktu itu ntar gimana badan pasti nggak enak banget dan lengket. Do you know what happened?
Badanku nggak lengket sama sekali dan aku ngerasanya kayak berenang di kolam renang. Kolam renang alami dari Tuhan :)
Aku bahkan pulang dari dermaga sudah mau maghrib dan perjalanan sekitar hampir 40 menitan tapi aku sama sekali nggak merasa risih abis main di air laut. Percaya nggak percaya aku masih kaya-nggak-percaya bahwa air laut yang super bersih dan friendly banget sama manusia itu masih ada. Aku merasa kecil banget jadi orang perkotaan yang pendidikan, latar belakang atau fasilitas apapun lebih memadai, tapi sangat tidah ramah dengan alam. So guys, please do something for nature. Kalian akan selalu diberikan kejutan sama alam kalo kalian "berteman" sama alam. Percaya deh ;)

We were too lucky.

And I'm so blessed.
Udah itu dulu part 2 nya Alor yaa.
Akan lanjutkan part 4 nya soon yaa. Di part 4 which is jalan-jalanku setelah pantai Batu Putih dan Dermaga tuh ke Hulnani, rumah bapak ibu angkatnya Lia. Di Hulnani kita bisa liat Alor dari atas. Bisa ketemu sama masyarakat Bampalola yang perjalanan dari Hulnani ke Bampalola harus tracking gunung sekitar 2 jam. Disana juga aku mandi pake air hujan. Cussss tunggu aja wkakaka.

Selamat jalan-jalan, jangan buang sampah sembarangan yaa..

xoxo
Wamanda.

You Might Also Like

11 comments

  1. Ada rencana buat open trip ke alor gak nih kakak?

    ReplyDelete
  2. Ada rencana buat open trip ke alor gak nih kakak?

    ReplyDelete
  3. Aku jadi pembaca setianya Manda nih 😂

    ReplyDelete
  4. Padarnya g muncul2 e ?hhe.., btw Itu anak2 pda sekolah smua ya man?biasane msih sering pda bolos, bisa baca?hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. padarnya masih lama.bab alor belum selesai nih haha.iya bisa kayak anak2 sekolah di kota biasanya.cuman lebih maju yg di jawa

      Delete
  5. Tiap baca setiap partnya selalu bkin nambah pgen kesana:(((

    ReplyDelete

Like us on Facebook