Incredible ALOR, NTT (Part 2)

9:58 PM

Wuaaaaa ternyata banyak juga yang nunggu part 2 nya Alor ini. Walaupun kalian yang udah baca nggak comment disini (sedih sih. Komen dong aelaaah. hehe maksa). Tapi anyway, akhirnya ke-post juga part 2 nyaaaaaaaaaaaaa. Hoahhhh, I've tried so hard to finish it. Curi-curi waktu pas kerja, ngantuk-ngantuk tetep nulis abis pulang kerja, dan keluhan-keluhan lainnya haha. Semoga kalian bisa menikmati tulisanku dan yang paling penting bisa larut di dalam apa yang kalian sedang baca sekarang.

Di post-an kedua ini, aku akan bikin cerita tetep, tapi aku akan kasih part-part destinasi mana aja yang aku kunjungin. Jadi, kalian tetep bisa ngikutin arus ceritaku, tapi kalian juga bisa dapet point nya (harapannya getooo sih). Buat kalian yang mau ke Alor dan mau bikin itinerary nya, semoga tulisan dengan point-point yang aku kasih bisa membantu. Dan, aku bohong kalo di post ini akan ada sedikit aja fotonya. Tapi pas akuc cek ternyata buanyaaakkk. Maafkan aku teman-teman jika ini menyedot quota kalian wkakakaka.

First of all (ya nggak first-first banget sih) kalo kalian merasa bukan orang yang suka laut, pegunungan, dan kawan-kawannya, just stop reading by now since this post will be filled with lots of compliment of Alor in nature ways. Kenapa aku nulis begini? After I did trip to Alor, Labuan Bajo, etc I found many peps do NOT love nature, beach, mountain, and so on. Sampe sekarang juga masih heran. KOK BISA??? Tapi it does exist. Kayak adek kandung ku aja deh. Dia gahar, cowok banget, sukanya game online dan semua bisa, tapi sukanya nge mall. Kalo kena panas dikit udah ngeluh. Ya itu. Maap melenceng dari cerita alam zzz.

Jadi gini, mending kita langsung aja yuk ke perjalanan ku di Alor.
Sebenernya bukan perjalanan ya, tapi pengalaman terbaikku di Alor setahun yang lalu. Semoga masih inget. ceile gitu.


  • Pantai Sika

Hari pertama, tentu aja di pantai keramat kayak yang aku ceritain di Incredible Alor, NTT part 1. Anyway, thank to Nia yang udah ngingetin ke aku kalo pantai keramat ini namanya pantai Sika. Oya, please make sure kalo kalian sudah baca part 1 nya yah. Karena kalian bisa nggak nyambung di part ini kalo belum baca part 1 nya (padalan biar dibaca ama dikomen aje).

Oke lanjut.

Biasanya kalo bepergian keluar kota, apalagi jauh kaya waktu di Alor, setelah nyampe di bandara tujuan, pasti istirahat dulu atau at least makan dulu lah. Pemanasan untuk adaptasi sama lingkungan gitu sih biasanya. But it was not. Nyampe bandara tas carrier kami langsung "dirampok" sama temen-temen di Alor, terus kita "diculik" untuk dibawa ke pantai Sika yang super beautiful. Semenjak itu, aku merasa kalo "ngapain sih kita kalo keluar kota mesti istirahat dulu, haha hihi dulu, basa basi dulu dll sedangkan kita masih muda dan banyak tenaga. What's for men??". Setelah nyampe bandara langsung cuss jalan itu menurutku lebih yoi. Apalagi jalannya ke pantai deket bandara hahaha.

Pantai Sika ini bersih banget. Bahkan, aku nggak ngerasa kalo pas kami kesana itu pas keadaan pasang, Biasanya pantai yang lagi pasang, akan keliatan lebih keruh tapi kemaren enggak. Jernih parah. Keliatan kaya bukan pantai yang lagi pasang aja gitu. Bagus deh. Di tengah juga ada pohon tumbuh. Kalo dilihat dari jauh berasanya kayak ada pohon tumbuh di tengah laut.

Ini pohon di tengah lautnya. Maap ye aku gak jago edit foto.

Buat ke pantai ini, dari bandara kita bisa lewat pinggih-pinggir bandara. Eits, ini tips bagus tapi melanggar haha. Jadi, kemaren aku dan semua temen-temenku di Alor yang ikut ke pantai keramat ini lewat di pinggir bandara. Setelah jalan sekitar 5 menit, kami bongkar (cie bongkar, padalan digeser doang) pagar pinggiran bandara. Nah, lewat di dalam bandara jalannya alusssss bet kek pantat bayi. Tapi jangan ditiru yaa. Kalo kepepet aja nirunya ngehehe.

Sebenernya disini aku mau buka rahasia dikit sih. Sebener benernya, pantai Sika ini bukan pantai kawasan wisata. Jadi, kalo ada turis atau wisatawan yang pake tour atau jalan sendiri tanpa didampingi orang lokal, kebanyakan nggak ke pantai Sika ini. Namanya juga pantai keramat. Inget ya keramat lho oposih. Aksesnya juga mesti susah payah lewat rawa-rawa semak belukar. Orang kalo nggak niat banget pengen liat Sika, aku yakin kalian males deh kesini. Ah memang yaa, kalo mau dapet sesuatu yang indah mesti dilakukan dengan susah payah kayak kamu misalnya.

Perjalanan dari bandara ke pantainya sekitar 15 menit. Selama 15 menit itu, mata kalian kalo minus, bisa jadi nggak minus saking kelebihan vitamin A. It means, pemandangan yang bakal nyambut kalian adalah hamparan laut lepas yg luas dan jernih. Di pinggir-pinggir jalan juga ada bukit-bukit yang nggak terlalu tinggi with the super nice weather. I swear to God, indaaaah banget. Kalo dari kalian ada yang udah pernah ke Nusa Lembongan, tepatnya di Blue Lagoon Jumping Cliff, kalian akan merasakan ambience dan view yang hampir sama disini. Bedanya, disini lebih luasssss. Daaann kalo kalian nggak jago bawa motor, ya hati-hati atau pelan-pelan aja ya karna jalan sebelum dan sesudah ngelewatin aspal bandara super nggak bersahabat sama motor haha. Lebih kayak trail road gitu. Lebih tepatnya sangat bersahabat sama mata tapi nggak bersahabat sama motor (musuhan mungkin).

Perjalanan Menuju Pantai Sika
Nah ini dia foto jalanan kita ke pantai Sika. Kira-kira beginilah, Kalian bisa bayangkan kan? Semoga. Ini termasuk yang halus. Kalo yang kasar, nggak sempet foto. Maap ye.

Eh ada si ibu lagi cocok tanem ye bu??

Pantai disini sebenernya ada 1 aja. Cuman di seberang ada pulau keramat yang intinya. Jadi, bisa dibilang disini ada satu pantai yang tetangganya adalah pulau kecil. Nah, gitulah ya pokoknya. Ngerti kan maksudnya? Ya ngerti ajalah yaaa -,-

Ini dia yang sebenar-benarnya pantai Sika. Itu rumah penjaga pantai Sika nya. Kalo beruntung (pas nggak pasang), kalian bisa kesana jalan kaki aja dari ujung pantai Sika. Sayangnya kami nggak beruntung waktu itu :(

Kalau kalian kesini pas nggak pasang, kalian bisa jalan kaki di tengah-tengah antara pantai Sika di pinggiran deket daratan dan pulau Sika yang ada di tengah laut itu. Jadi, berasa jalan di tengah laut. Tapi, kayaknya kurang beruntung pas aku kesana, karena emang pas akhir tahun, jadinya semua pantai kebanyakan pasang nya. Ada sih beberapa pantai yang aku kunjungin di Alor dan nggak pasang. Tapi cuman beberapa aja.

Kami langsung aja foto-foto, main air, dan semacamnya lah di pantai Sika. Cuaca di pantai ini pada bilang panas, tapi kok kataku enggak ya? Memang cerah sih dan terang banget, tapi nggak panas. Padalan pas aku kesana, aku masih pake stelan yang ke bandara, bukan kayak ke pantai. Tetep aja kataku nggak panas. Seneng mungkin.

Salah satu foto narsis di pantai Sika. Yaa namanya juga seneng. Foto meleee

Abis selesai main-main air, akhirnya kami memutuskan untuk balik, karna kami mau ke destinasi selanjutnya and I was like "whaaatt?? men, we've just landed in a minute dan harus ke dua destinasi in one day? Gilak, traveler garis keras" maap alay.

Eits, pas perjalanan balik, kami tetep aja dikejutkan, caelah dikejutkan, sama beberapa pemandangan "menakjubkan" di Alor. Kami juga ketemu sama beberapa penduduk lokal yang lagi cari ikan dan anak-anak yang lagi main di pinggir pantai. Kalian liat foto dibawah aja ye.

Nggak tau kenapa ini temen satu bisa aja foto ama bapak-bapak yang lagi cari ikan. Woy ganggu aja lagi cari ikan cupang jugak @innarianurani

Yang tosca-tosca emang paling bisa bikin jatuh cinta. Ah sa ajelu nda

Lah kok saya lagi -,-
Seneng banget liat anak-anak ini mainnya masih di alam. Beda banget sama orang kota mainnya sama gadget. Udah kayak ansos. Prihatin.

Nah, kebetulan pas kami pulang, ada ibu-bu baru beres cari ikan. Kata Nia ikannya enak tapi aku lupa namanya apa. Kami beli 10rb dapet seplastik item gede. Murah parah cuy!
Abis beli ikan, mari kita foto dulu yaaa.. Nah ikannya segitu buanyaakkkk dan murah banget FYI

  • Kampung Adat "Takpala"
Dalam pikiranku, destinasi berikutnya akan ke pantai juga, karna setauku waktu itu, Alor adanya ya pantai. Mungkin buat beberapa orang juga ngiranya Alor adalah pulau yang destinasi buat wisatawan cuman pantai. Mungkin. Karna sebelum aku ke Alor, aku banyak sekali mengumpulkan artikel, dan jarang sekali yang ngepost atau mengulas apa aja isi Alor ini sebenernya. Sebagian besar ngebahas indahnya bawah laut Alor dan pantai-pantainya aja, no more.

Eh nggak taunya, lagi-lagi Nia dan Lia (2 orang super cute yang nganter kita menyusuri Alor) ngasih kita surpirse kedua. Mereka bilang, kita mau ke Takpala. Dimana itu Takpala? Ngapain aja kita di Takpala? Main air?

Lagi-lagi, mari kita jelaskan dimana dan apa itu Takpala (versiku)?
Yey! Selamat datang di desa adat TAKPALAAAAAAAA...
Nah kalo yang penasaran Lia itu yang mana. Noh yang pake kacamata. Cantik khaaannnnn. Plis yang naksir harus serius oke stoooppp bicara nggak penting, Nda.

Yap, Takpala adalah salah satu desa adat yang ada di Alor. Jadi, desa adat ini dihuni oleh lumayan banyak kepala keluarga (pastinya nggak tau karna aku bukan petugas sensus penduduk. Oke.) yang bisa dibilang masih jauh dari kata modern. Orang-orang asli penduduk desa adat Takpala ini masih makan daun sirih (Alhamdulillah saya diberi kesempatan mencoba karna paksaan Nia dan Lia. Awas kaliaann!!!) dan paling bikin aku takjub adalah, mereka rumahnya nggak ada listrik. Lampu yang mereka pakai cuman lampu subsidi dari pemerintah (kalo nggak salah). Lampunya tenaga surya gitu lho. Jadi, kalo ada yang belum tau, lampunya ini di charge pake panas matahari, dan malamnya setelah "dicharge" ya dinyalain dan lumayan terang loh. Kereeen deh :')

Nah penduduk Takpala kalo kongkow-kongkow disini nih. Nginang dulu nyok buk yooooo. Sebelum gigi orange gak akan stop yee. Udah orange juga nggak akan stop sih
Ngegosip. Sekarang Justin Bieber udah move on belum ye bu?

Ini bukan rumah pajangan ya. Ini rumah juga ditempatin loh.

Banyak orang nyangka rumah di Takpala adalah rumah panjangan karena ini desa wisata. But for sure, rumah ini beneran! Ditempatin!

Lucu khaaaannnnn. Tawa dulu kalo lucu oke garing

Para penduduk desa adat Takpala ini bajunya ya kayak yang kalian lihat di TV gitu. Aku awalnya ngira mereka adalah orang-orang yang bajunya "disetting" sama crew TV terus pake baju yang kayak kemben dan jarik doang. Ternyata enggak! Mereka baju aslinya ya emang gitu. Kaya yang kalian lihat di TV-TV. Ya gitu deh. Norak ye gue. Nah, buat yang penasaran dan nggak ngerti sama penjelasanku (ya maap ye), liat foto-fotonya aja ya hehe.

Ini bajunya dipake tambahan sih. Senjatanya juga. Tapi ini orang asli Takpala ya begini

Eh pak lagi liat siape? Senyam senyum melee. Sikat gigi dulu pak aduh sirihnya masih nyangkut noh

Ini anak-anak asli suku Takpala. They're just too cute for real. Nggak nakal kayak anak-anak kota kebanyakan.

Nah, terus dimana Takpala itu? Dan teman-teman yang aku sayangi dan aku banggakan, sesungguhnya saya juga nggak tau Takpala dimaneee. Saya cuman ikut Nia ama Lia doang zzz. Disini, aku cuman bisa jelasin gimana kesana dan apa aja yang bisa aku ceritain selama perjalanan dari pantai Sika ke desa adat Takpala ini. Nah, biar kayak di film-film gitu. Alur tulisannya nggak melulu maju. Mundur juga boleh toh? ngeles padalan emang nggak jago bikin alur teratur di tulisan

Nah, kejutan apa aja yang dikasih sama Alor lewat Nia dan Lia, silahkan deskripsikan lewat beberapa gambar dibawah ini yang isinya kebanyakan narsisku doang. yaeyalaaaahhh


Ini perjalananku, mana perjalananmu?

Nggak pengen kesini?

Yakin nggak pengen?

Apalagi kesini sama "masa depan" Yakin nggak mau?

Nggak usah bohong. Jujur sama diri sendiri. Iki caption opo to jane. ra mutu tenan

Desa adat ini ada di dataran tinggi Alor yang lumayan juga perjalanan buat ke desa adat Takpala. Kalo kalian naik mobil ya yang mahir bawa mobilnya baru bisa naik, kalo yang bisanya pake motor, ya siap-siap aja tangah sakit karna geronjalan dan siap-siap kalo motor nggak kuat naik ya temennya yang dibonceng dorong deh haha. Tapi jangan khawatir, I can say that it will be worthy.
Nah, perjalanan kami ke Takpala terhenti disini. Dan ini Nia, si "tour guide" yang sangat berpengaruh besar di trip ku ke Alor haha. Thanks Niaaa! anyway, pemandangan di foto ini nggak ada apa-apanya dibanding aslinya. Aslinya jauh lebih bikin jatuh cinta. Nia-nya juga ko haha. You can reach her on @niakecil (Instagram)
Jalanannya kaya begini. Tapi lebih kesana, lebih menanjak lagi cuy.

Disini aku dikasih liat gimana mereka hidup sehari-hari. Gimana mereka beradaptasi sama keterbatasan yang ada, dan gimana mereka mencari nafkah dan menafkahi keturunan mereka. So excited to be there that time. Menyenangkan sekali bisa belajar hal-hal baru yang sebelumnya kita nggak tau. Belajar gimana rasanya bersyukur dengan kehidupan yang sekarang yang semua serba ada. Kasarannya semua tinggal "cling" aja udah ada. Oke manda teguh.

Nah, mari kita lihat apa yang kami lakukan dan apa aja interaksi aku dan temen-temen disana. Cuss liat foto plis jangan bosen plis
Nah buat foto kayak gini, kalian cukup bayar 50rb (buat wisatawan umum sih). Karna Nia jago logat Alor, kami dikasih diskon 50%. Lagi-lagi thanks Nia, kau menyelamatkan dompetku

Yang aku dudukin itu detailnya kayak gini. Ini adalah mahar pernikahan buat warga Takpala. Lucu yaa
Lah lu lagi lu lagi

Nah di belakangku itu sumur nenek-nenek salto juga tau khaleus yang ceirtanya menjadi sumur warga Takpala. Hehe sumur pajangan doang sih
Perkenalkan ini pacar baruku. Kita nikah kapan mas? 

Kami disana bukan cuman mampir doang foto-foto terus pulang dong. Kami disana juga ngobrol banyak. Pengen tau banyak karna emang dasar kepo tentang kerhidupan mereka.

Percayalan setelah foto ini si Inna bilang "kayaknya ini dia ngompol deh" dan ternyata beneran. Doi ngompol. Anget-anget kuku ye. Maygaaatttttt wkakakaka

Buat info aja hehe, kami disana nggak cuman berempat yang bukan warga Takpala. Kebetulan ada beberapa orang wisatawan dari dinas yang datang berkunjung. Aku lupa pastinya merka darima tapi yang pasti mereka nggak ke Alor karna pengennya mereka sendiri tapi ada kerjaan dari kantor untuk cek lokasi di Alor. Enak bet kerjaannya ye. Aku juga mao khaleeuuss. Nah foto-fotonya tetep narsis liat dibawah sini aja ya hehe.
Mungkin warga Takpala di masa depan begini pose nya kalo foto ya

Cie Nia Lia ada yang ngajakin foto. Berasa arteeess ye wkakaka

Nah ini orang-orang dari dinas lagi wisata sambil maen. Eh mau dong kerjaan begitu

Setelah ngobrol dan foto-foto banyak sama warga sekitar dan lingkungan desa, kami pamit pulang dan membeli beberapa cindera mata yang dibuat oleh mereka sendiri. Aku sempet beli satu kalung yang dibuat dari biji-bijian melinjo gitu. Sebenernya itu nggak akan awet dan harganya 25rb waktu itu. Tapi, buat mendukung kreasi mereka, 25rb nggak akan ada artinya dibanding kreasi yang mereka buat. Lagian, lucuuu juga. Aku masih simpan baik-baik sampe sekarang.
yoo serebu 3 serebu 3

Buat yang gayanya hyppie ala-ala gitu pasti mereka kegilaan deh disini. Bagus-bagus cuy

Nah, ini dia cindera matanya. Banyak model khaaan. Yang bikin ya si ibu berbaju kuning atau ijo itu. Entahlah. yuk dipilih dipilih

  • Kalabahi (Ibukota Kabupaten Alor)
Nggak kerasa abis ke pantai Sika dan ke desa adat Takpala eh udah maghrib aja. Pulang lah kami. Alor sangat teramat amat dan sangat apasih sepi sekali. Jadi, kami nggak mau diculik aja sape juga yang mau nyulik. Disana penerangannya sangat minim di jalan-jalan. Jadi, dijalan waktu itu cuman ada 2 motor kami. Penerangan juga dari lampu motor kami. Ya bismillah aja lah ya.

Sesampainya di kota, kami sedikit kaget sama kota yang namanya Kalabahi. Perjalanan ke Kalabahi bener-bener sangat jauh dari pikiranku dan definisiku tentang apa itu "Kota". Dari Takpala menuju ke Kalabahi cukup jauh versi Alor. Mungkin ada 45 menit perjalanan bawa motor. Hal yang paling bikin aku heran adalah; ini kota peaceful bangeeeeeeeeeeeeeeettttttttttt! Demi apa ya ada kota kayak begini, perjalanan dari Takpala ke Kalabahi bener-bener kaya di film. Sepanjang perjalanan dari desa adat Takpala ke kota Kalabahi dikelilingi oleh laut, penangkaran mutiara dan dermaga kecil di pinggiran jalan. Sunset nya waktu itu warnanya cantiiiikkk banget. Sempet speechless aku bisa dibawa Tuhan ke tempat seindah ini.

Sayangnya aku nggak ada foto banyak tentang Kalabahi. Cuma tersisa ini. Ini nggak di edit sama sekali. Diambil pake gopro hero 4. Silahkan dinikmati wahai penikmat senja. Elaah 

Dan yang paling penting disini nggak ada polusi, macet, dan polisi yang nangkep orang bonceng 3 yang biasa kami sebut GTO (Gonceng Tiga Orang) wkakkakakka.

Kalabahi termasuk kota yang sangat nyaman buat ditinggali. Memang belum lengkap selengkap di Solo paling tidak, tapi daerahnya nggak rame tapi masih ada kendaraan. Yaa gitu deh pokoknya. Kalabahi itu kotanya besar dan jalannya juga besar. Kalo sore jalan-jalan akan nyaman banget. Orang-orang di Kalabahi ini juga friendly sama orang lokal dan pendatang. Tapi jangan macem-macem, sekalinya mereka nggak suka atau marah. Bisa dibacok. Hehe nggak deng. Baik kok kayak kamu dulu.

Terus sesampainya kami di Kalabahi, kami langsung menuju sekre anak-anak SM3T Alor. Kami kenalan sama semua anak-anak yang lagi tugas jadi guru di program pemerintah SM3T Alor. Mereka semua baikkk banget. Mereka menyambut kami dengan sangat baik dan tanpa ada raut muka yang jelek.

Setiap ketemu mereka, enggak tau kenapa bawaannya seneng tapi malu aja gitu. Senengnya kenapa? Karena tiap deket mereka bawaannya positif aja gitu. Mereka semua nggak ada anak yang aneh-aneh atau nakal. Mereka semua pintar dan mandiri dan yang pasti nggak manja. Sebelum ke Alor, aku merasa aku adalah termasuk orang yang ada di peringkat atas orang paling mandiri. Tapi peringkatku zonk setelah aku ketemu temen-temenku di Alor. Ampun deh, aku nggak ada apa-apanya.

Temen-temenku di Alor adalah orang yang terpilih dari sekian ribu orang yang mendaftar pada program SM3T. Apa itu SM3T? Lagi-lagi aku akan menjelaskan dengan versiku dan dari cerita temen-temenku. CMIIW. SM3T adalah kependekan dari Sarjana Mendidik di daerah Tertinggal Terpencil dan Terluar mati gue kalo salah. Nah, program itu diadakan oleh Dikti. Jadi, para peserta yang telah mendaftar untuk program SM3T biasanya digojlok di dalam beberapa test. Test tertulis udah pasti, dan yang menurutku paling berat adalah test fisik. Kata temen-temen SM3T sih test ini diadain di AAU Jogjakarta waktu itu. Mereka tinggal di AAU beberapa waktu dan ngikutin test layaknya jadi tentara. Maygat gak bayangin gimana tersiksanya. Kalo aku udah keluar kali. Ya bayangin aja, ada waktu buat makan aja dibatasi, tiap hari latihan fisik, ada juga kata mereka makan aneh-aneh. Aduh ampun. Maap manja.

Nggak cuman merasa malu karna manja, aku juga malu karena pakaianku. Oke, untuk temen-temen SM3T Alor yang baca tulisan ini, please bangeeet pas ketemu aku, jangan bahas ini please aku malu sumpah parah. Jadi, kalo boleh cerita, ya boleh lah orang blog sendiri waktu pertama kali menginjakkan kaki di sekre Kalabahi, aku masih pake baju putih dengan parka panjang warna hijau dan celana jogger warna abu-abu kayak turis lokal ilang ditinggal pesawat yang kalian liat di foto-foto diatas. Otomatislah kami mandi setelah perkenalan dan istirahat sebentar. Nah, abis itu kami ganti baju kan ya. Setelah ganti baju, aku pake kaos kedodoran dan celana pendek. Nah, apa yang terjadi kepada si celana pendekku ini,yaaa tunggu aja di cerita selanjutnya yaa..

Haha, ini dulu ya part 2 nya. Udah capek banget nulis dan nyuri-nyuri waktu diwaktu kerja. Semoga kalian suka, dan jangan lupa share dan comment down below.

Selamat jalan-jalan dan jangan buang sampah sembarangan yaa teman-temaan...


You Might Also Like

16 comments

  1. Keren mand... Detail bgt sing crita, sampe perkara celana we dibawa2. Hahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah baca, Ni haahaa. kurang apa nih?

      Delete
  2. Wkwk apik mbak membawaku membayangkan yg km tulis, ada cerita ttg bendolnya juga😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mesti seneng part yg ada bendol e tok. thanks btw put hehe

      Delete
  3. Ngakak �� Denger2 part 3 nya besok kan? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. peb,tangan cuman 2 peb.sehari cuman ada 24 jam peb bukan 48 plisss no besok hahaa

      Delete
  4. Post e tengah mlm jdi nglembur bacane mbak 😅, bagus mbak manda*daya ingat super tajam, udah setahun tp detailnya msih inget smua hhe. Endingnya dksih gambaran part slanjutnya dong mbak biar smngat nunggune*sudahterbiasamenunggu~~ 😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah terimakasih banyak sudah meluangkan waktu lembur baca sampai tengah malam. haha biar surprise ntr part 3 nya..

      Delete
  5. Mandaaa long time No see, cerita di hlogmubikin bikin pgn kesana 😆

    ReplyDelete
  6. mantap kak, ajakin jalan-jalan donggg hahaay

    dheacharisma.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Like us on Facebook