Incredible ALOR, NTT (Part 1)

9:47 PM

Haaaaiiii! FInally, setelah sekian lama nggak nge-post di blog ini saking banyaknya kerjaan di kantor yang dikerjain seharian nggak bakalan kelar, akhirnya nge-post juga. Semoga suka yaaa sama tulisanku dibawah. Mungkin post-an tentang Alor nggak akan cukup di satu page. Semoga kalian nggak bosen, karna aku bakal ceritain sedetail-detailnya. Setahuku, masih jarang yang ngepost tentang Alor. Ah! Daripada kebanyakan intro, let's get started!

Sebelum mulai ke cerita awal, kita pemanasan dulu biar bisa ngebayangin dikit-dikit gimana Alor ya!

Pulau Kepa
Pulau Kepa
Yep!
Tarik nafas dulu ye. Ah jadi sedih, kayak baru kemaren bobok'an disini. Dibelakangku ada Inna dan Nia yang lagi tidur. Lia yang fotoin aku (makasih Lia haha).

Okay, sekarang mulai ceritanya gimana aku bisa ke Alor yang cantik ini ya.

Awal mula aku ke Alor adalah karna temenku Nia (kalian bisa cek ig nya @niakecil) lagi ada tugas di Alor sebagai guru SM3T. Jadi, aku sama Nia temen waktu SMA. Kami ada group whatsapp gitu, dah sering ngobrol disana. Entah kenapa pas itu aku nggak ngeh kenapa ini group rame banget yak. Terus si Nia juga sering banget posting foto dirumah gitu. Apa spesialnya coba foto dirumah (pikirku waktu itu). Akhirnya pas longgar (sok sibuk sih pft) karna skripsi selesai (alhamdulillah haha) aku cek itu group dari obrolan awal. Daaaaan ternyata Nia bukan foto-foto dirumah, tapi di rumah bapak ibu angkatnya di Alor. Dimana itu Alor? Alor masih di Indonesia atau di Srilanka atau dimana? Soalnya pacarnya Nia bukan orang Indonesia, aku mikirnya Nia kerumah pacarnya doong. Akhirnya aku nimbrung lah, aku nanya sama mereka "Alor dimana sih?" Mati gue, gagal jadi orang Indonesia dah! Sedih..

Oke, mari saya jelaskan Alor versi saya, mehehehe..

Alor adalah salah satu dari ribuan pulau cantik di Indonesia, tepatnya di ujung timur Nusa Tenggara Timur. Alor ada diantara laut Flores dan laut Banda. Jangan salah, Alor adalah kabupaten! Ada juga kota kabupatennya, namanya Kalabahi. Kalo menurutku, Alor termasuk kecil. Kalian nggak akan nyasar di Alor karna jalan utama cuman satu. Jangan samakan jalan utama di Alor sama disini ya yang macet nggak ada habisnya. Jalan utama di Alor itu pinggirnya lautan luas yang dibatasi sama pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ada juga penangkaran mutiara di seberang jalan utama Alor. Kalo kalian nyasar, paling nyasarnya di hutan, haha I'm kidding.

Singkat cerita, karena aku selesai skripsi waktu itu, dan ngiler karna cerita Nia (anyway, thanks for your beautiful information and hospitality when I was there, Ni. It was one of my unforgettable moment of life) aku langsung ngajakin Inna buat jalan. Inna kebetulan suka juga sama alam dan yang paling penting, nggak manja dan nggak jaim. Annnnnnnnddddd leeettt'sssss goooooo!!!!!!!

Persiapan buat ke Alor nggak lama waktu itu, mungkin sebulanan. Karena aku sama Inna tinggal si Solo, kita cari tiket Solo-Alor di salah satu situs travel gitu. Omg! mahal bangeeeetttt. Tapi kami nggak kehabisan akal dong, enak aja orang mau ke Alor masa nyerah karena mahal (padalan iye). Kami nyari alternatif gimana kalo dari Surabaya. Menurut info dari web-web travel yang sering aku baca, terbang dari Surabaya (yang paling deket sama Solo) emang murah. Termasuk dalam dan luar negri, apalagi buat terbang ke wilayah yang mesti ada transition dulu. Finally, kami dapet deh tiket ke Alor dari Surabaya. Kami booking 2 maskapai waktu itu (biar mureh iyee mureh). The journey had began.

Estimasi Biaya Penerbangan ke Alor
Ternyata masih ada catetan tiket dari Surabaya sampe Alor. Maap ye, keburu pengen piknik jadi begini aje tulisannya.

Kami berangkat bulan December 2015. I forgot the date omg sorry -,-
Kami berangkat naik kereta dulu ke Surabaya. Kami berangkat kalo nggak salah sih pagi ya. Sampe Surabaya siangan, sekitar jam 2 atau 3 an gitu. Pas udah nyampe di Surabaya, kami langsung naik taksi ke kosan adek (alhamdulillah ngirit penginepan nguehehe). Kami terbang besokannya sih. Di Surabaya rencananya mau ke mall nemuin saudara yang kerja di Stradivarius. Alhamdulillah ada tujuan haha. Setelah makan dan haha hihi ketemu saudara, balik deh pulang ke kosan.
Di Depan Kost Adek di Surabaya
Bukan maksud narsis haha tapi ini kondisi kosan adekku di bagian depan. Lumayan lah ye, gratis ini.

Nah! Paginya, kami udah deg-degan banget mau ke Timur. Selama ini, keluar pulau cuman ke Bali doang. Waktu ke luar negri nggak se deg-degan ini. Mungkin karna destinasi ini adalah salah satu pulau dengan keindahan bawah laut terbaik di dunia. Aaaaaaa nyesel waktu ini belum punya dive license :(

Waktunya terbaaaaaaaaannnng, eits foto dulu haha

Bersiap Menuju Kupang
Sorry for our too-excited-faces

Kami bukan mau naik gunung ya, kami mau ke Alor, walaupun juga banyak tracking disana haha. Yep! foto diatas itu waktu kami mau terbang ke Kupang dari Surabaya. Waktu itu jam setengah 7 pagi kalo nggak salah. Kami ambil penerbangan paling pagi, soalnya penerbangan Kupang-Alor jam 2 siang, jadi kami paling nggak harus nyampe di Kupang jam 10 an. Huft we were in a hurry that time, tapi seneng sih hehe.

Hari itu kami naik salah satu maskapai yang pilotnya mabuk beberapa waktu lalu (waktu kami naik buat ke Kupang untungnya nggak mabok sih, amit-amit naudzubillah zz), untungnya sih nggak delayed. Langsung deh capcus checked in dan duduk-duduk bentar liat-liat Juanda (maap ye norak solanya belum pernah terbang dari Juanda. Ke bandaranya juga baru ini zz). Akhirnya, tiba waktu boarding. Mari kita ke Kupang, kawan :)

Diatas Awan
Saking senengnya apa-apa difoto. Tapi seneng juga sih soalnya dapet seat depan ngehehe..

YEEEEYYYY!! KUPANG!

YEEEYYYY!! AYOOO SEMUAA TERIAAAK KUPAAAANGGGG
(Padalan panas buanget parah paraaah paraah, tapi masih peringkat 2 sih, peringkat pertamanya entar ada page nya sendiri wkakakka. maap)

Gimana? Kalian belum pengen jalan ke Timur?
(ye belum lah orang baru sampe Kupang doang zzz.

Nah, kalo pada mau foto-foto disini nih. Jangan salah, keliatannya sepi, tapi depanku yang antri mau foto banyak. Beuuh!

Waktu itu sampe Kupang jam 9.30 kalo nggak salah. Syukur lah nggak ada kendala apapun sampe di Kupang. Pas sampe di Kupang kami berdua sempet bingung kenapa bandara kecil amat ye. Lebih kayak stasiun daripada bandara. Beda lah sama bandara di kota-kota besar. Entar kalo jadi presiden aku bakal perbaiki semua bandara di daerah-daerah. Eh jangan deng, entar pasti rame jadi dimana-mana rame. Kan males. Oke skip ngelanturnya.

Sesampainya di Kupang, hal pertama yang kami rasakan adalah, panas. Ya Allah Gustiiii panas banget MasyaAllah. Terus depan kita ada bapak-bapak bau banget. Pak, kapan ulang tahun? Saya kadoin parfum mau? Parfum yang depannya ada gambar batman nya mau? oposih zz.


Nah begini ini bandara El Tari, Kupang

Tapi nggak lama di Kupang kan, jadi ya enjoy ajedah. Waktu itu kami berinisiatif untuk keluar bandara dan jalan-jalan di daerah bandara. Yaaaa, paling enggak cari KFC lah ya, beli Cola Float kan enak. Lah, zonk! Keluar kagak ade ape-ape cuy. Akhirnya karna kelaperan berat, kami makan di pinggiran bandara gitu, ada nasi rames atau nasi campur yaa?? Ya pokoknya itulah. Kami udah ambil duit duluan karna takut kurang duitnye. Kan makanan di bandara mehong. Tapi inisiatif kami salah. Kenape salah mulu ye. Ini inisiatif kami apa hubungan kita? Salah mulu. Alah oposih. Makan di bandara cuman habis 25 rebu per orang. Murce kaaaaaannn yakaannn... tapi banyak laletnya. Hek.

Ini nasi campur atau nasi rames yang dimakan ina. Lumayan enak lah dengah harga 25 rebu

Ini soto akyuuuu! Rasanya lebih ke anyep haha. Tapi okelah. Nasi nya empuk.

Udah makan kan, udah kenyang dong, balik lagi masuk bandara (yaiyalah orang kagak ade ape-ape). Kami nunggu sampe pesawat kedua buat ke Alor boarding. And voilaaaaaa! Saatnya naik pesawat lagiiii yuuk capcus Alor. AAAAAAAA DEG-DEG AAAANNN. Entah mengapa kami berdua terlalu excited buat ke Timur.

OH MY GODNESSSSS!!!
ALOR, NUSA TENGGARA TIMUR
HERE WE ARE.
I
AM
BLESSED

Percayalah, pertama kali kalian menginjakkan kaki di tanah pulau kecil ini, kalian akan mengenal betapa luas dan cantiknya Indonesiamu :)

I'm not an hyperbole-person but what I said here is the super real of what I felt in this piece of heaven.

I have no idea how I felt there but it was one of my greatest experience so far in life. What I really want to say to is that you have to take a paper and start to make a wishlists. Please make sure that one of your wishlists is to be here in Alor. 

Kalo kamu kesini, di menit-menit menjelang landing cuman ada laut dan pulau-pulau kecilnya. Cuman. Kalian bakal dapet sensasi seolah kalian landing di atas air. Percayalah ini indah, dan saya pernah mengalaminya. And I want you to feel the same, aelaaahh..

Satu bandara cuman bisa buat landing 1 pesawat. Kalo kalian bisa liat, di belakangku itu laut lepas yang luaaaassss

Nah ini nih! MALIIIIIIIII ALOOOORRRRR

Oke, sesampainya di Alor, Nia dan kawan-kawannya yang juga guru SM3T di Alor udah siap di depan untuk jemput. Bahkan mereka masih pake baju seragam karna baru pulang mengajar. Untungnya the next day mereka udah mau libur, jadi bisa ajak kami yang datang jauh dari Jawa liburan di Alor. One thing you should know, mereka semua baiknya luar biasa. Nia, Lia, mas Bayu, mas Sigit dan semua guru SM3T Alor. Kalian luaaaarrr biasaaaaahhhh..

Setelah sesi salam-salaman kenalan semua, tas kami dibawain sama mereka (gilak baik bener) dan langsung aja kami diajak buat ke pantai daerah bandara. For your information, sepanjang perjalanan adalah laut. Yang bersih dan biru tosca oh my God, I can't even describe how it seems. Jadi bayangin di sekitar bandara adalah laut lepas yang laut pantainya biru tosca, dari kejauhan biru tua. Kita sempet buka pagar bandara Alor sih waktu itu hahaha. Kita dibawa ke pantai yang katanya keramat. Aduh lupa namanya apa. Pokoknya daerah deket bandara.

Setelah ngelewatin rawa-rawa dan rumput-rumput kuning, akhirnya kami sampai di ujung pantai aaaaaaaa I miss you, Alor!

Soreku yang cerah di Alor.

Nah, begitu dulu ya buat perjalanan dari Jawa ke Nusa Tenggara Timur, khususnya Alor. Buat dimana destinasi dan itinerary nya, lanjut di Part 2 ya. Mungkin di part 2 nanti nggak akan terlalu banyak foto yang bisa menggambarkan gimana Alor. Memang setiap mau jalan ke tempat bagus selalu ada ide buat foto begini begitu, tapi pas sampe tujuan, udah lupa saking amazed sama view nya.

Terimakasih sudah membaca.
Have a good journey teman-temen. Jangan buang sampah sembarangan ya..

Terussss jangan lupa untuk comment and share thru down below :)



You Might Also Like

12 comments

  1. Ah kentang nih, buru part 2 nya��

    ReplyDelete
  2. Aaaakkk~ Manda bikin envy pgen k Alor jg. Next part dong ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ke Alor mbaakk ratiihh! noh part 2 nya udah adaa noh

      Delete
  3. aaaaakkk....namaku disebut, berasa jadi artis. hahhaa..
    mkasih udah berkunjung Manda

    ReplyDelete
  4. Mantap jiwa !!! Di tunggu part 2 nya kakak

    ReplyDelete
  5. Mantap jiwa !!! Di tunggu part 2 nya kakak

    ReplyDelete
  6. Semoga alor tetap terjaga
    The best spot snorkling yang pernah ada ������

    ReplyDelete
  7. Ceritanya bikin bisa ngebayangin disana. Nicee!!!
    Seingetku kamu kesana antara 20-25 an desember sis, soalnya barengan aku pas dinas di kupang. Fyi kalo mampir kupang, harus coba daging se'i sama makanan ikan ikanan disana, lezatoos. ����

    ReplyDelete

Like us on Facebook