Cerita Labuan Bajo Dimulai Dari Kupang (Labuan Bajo Part 1)

4:35 PM

Aku ngga habis pikir kenapa blog ku tentang Alor bisa ditunggu banyak orang, dan dilihat dari viewnya udah 500an views per page. Ya Tuhaan.. baik banget yang mau ngebaca. Jadi sedih uwee.

Buat orang yang hobi nulis atau cuman suka nulis, pasti bisa tau kenapa jarang banget update haha. Update tulisan itu beda sama bikin video atau bikin caption doang di instagram. Nulis itu butuh mood supaya jalan cerita atau tulisannya bisa bener-bener bikin orang yang ngebaca larut dalam tulisan. Tulisan di blog ku ini juga punya beban tanggung jawab kalo misalnya ada yang ngikutin alur ceritaku pas mereka mau ke Alor, Labuan Bajo, atau manapun. Beberapa orang ternyata ngikutin juga dan mempraktekkan di lapangan. Super wowwwww! nggak nyangnyaa uwee..

Okhay, let's get to the point. Blog Labuan Bajo segera dimulaiii...

Jreng jreng jreeeng..

Perjalananku ke Labuan Bajo itu adalah lanjutan dari Alor. Jadi, kami jalan dari Alor, mampir Kupang, baru deh cuss ke Labuan Bajo.

Bye Alor.. Jadi syedih uwee :(
Bandara Alor dari luar bisa kalian liat dikit-dikit nih dari foto diatas. Lumayan deh ya. Semoga semakin kesini semakin bagus atau seenggaknya lebih besaran dikit lah.. Biar kalo ada tourist dari luar negri, bisa amazed juga sama pulau ini.


Baiklah mari kita lanjut perjalanan ke Kupang.

hyukss

Kenapa ke Kupang dulu?

Jadi, 25 Desember 2015 tepatnya pas hari Natal, si Nia mau ngerayain Natal dan ke Gereja di Kupang. Tanggal itu, perayaan Natal pusatnya di Kupang. Okelah, kami nganterin Nia natalan, sekalian dong jalan-jalan di Kupang.

Tanpa basa basi, ini dia Kupaaangg!

Se happy ini men.. Tapi puanasnyaa wow uhlala

My 2nd time. Kupaaaaang.. kali ini ramean dong.

Kebetulan aku ngga terlalu banyak foto waktu di Kupang, karena pikirku cuman jalan sehari aja. Dan sebenernya ke Kupang kan tujuannya buat Nia ibadah. Jadi ngga prepare sama sekali mau kemana-mana gitu hhahhaha.

Seperti biasa, kami disini ngga nginep di hotel, penginapan, losmen, atau sejenisnya. Karena ketahuilan, kami adalah sobat misqueen ter hqq. Nggak punya uit wkakkaa. Jadi, kami minta tolong ke bapak angkatnya Nia buat mintain ijin ke keluarganya yang tinggal di Kupang, buat kita tumpangin nginep sehari aja hehe. Kebetulan juga, istri dari saudaranya bapak angkatnya Nia (nah, bingung kan) orang Sukoharjo juga. Jadi, deket deh dari rumahku sama Inna. Fixxxxx siiipp banget pasti bisa nyambung wkakakakka. Oh, I love Sukoharjo wkakakakaka.

Sampe di Kupang (karena ada mall), kami jalan-jalan dong ke Mall. Secara, di Alor ngga ada mall. Adanya laut sama gunung. Hampir 2 minggu kami ngga liat diskon-diskonan ala-ala mall, markicuss ke mall. Padalan nggak belanja juga. Malah bingung ngeliat barang bagus-bagus wkakak. Tapi beneran deh, cobalah traveling ke beberapa daerah yang bener-bener terpencil atau at least ngga ada mall atau sejenisnya, niscaya kalian akan sangat takjub melihat mall wkakakaka.

Sampe foto-foto di kaca mall. Padalan kalo di Jawa jarang banget foto ginian. Sungguh alay sekali waktu itu wkakakaa.

Sehappy ini liat Mall. Biasanya cuman liat gunung, laut, sama kapal wkakakakaka
Baju yang aku pake itu baru banget beli di Lippo Plaza, langsung ku pake saking senengnya punya kaos baru. Itu diskon banget, FYI. Sungguh informasi yang sangat penting kalian tau wkakakaka.

Oke.. setelah kelar jalan-jalan ala metropolitan alias ke mall, balik lah kita ke rumah saudara yang kami tumpangi.

FYI, Kupang adalah salah satu kota terpanas yang pernah aku kunjungi. Kami ngiranya "ah mungkin karna masih siang atau sore, masih kerasa panas. Entar malem juga nggak. Biasanya kan kalo siang panas banget, malem dingin banget". Ternyata, aku ngga ada keturunan paranormal atau punya indra keenam gitu, jadi ramalan uwe salah -_-. Malam masih puanas buangeeet poooolll.

Rumah yang kami tumpangi itu 2 lantai. Kamar-kamar di lantai bawah buat cewek-cewek, yang cowok tidur di atas. Tapi, karena saking panasnya dibawah, cewek-cewek pada naik. Siapa tau diatas bisa dingin kan. Karena ada balkonnya. Lagi-lagi... zonk.

PANAAASSSSS :(((
Tapi okelah.

Besok paginya, kami rencanain buat main ke Goa Kristal.

Selfie dolo shaaay sebelum naik angkotss

Perjalanan dai kota ke Gua Kristal (yang nggak kota-kota banget) sekitar kurang lebih 1 jam. Naik angkot. Kami nyewa angkot buat ke Gua Kristal kan nggak ada kendaraan lain.

Keadaan diatas kaya gini cuy. Nah tu kan ada lubang di belakang Nia, ntar kita masuk sana. Eits, selfie doloo

Nah, sayang banget nih sama kamu kebetulan kami ngga ada foto pas didalem Goa nya karena nggak ada cahaya didalem. Gelap banget cuy. Ini aku ambilin referensi gambar dari web lain.

https://www.google.com/search?q=gua+kristal+kupang&safe=strict&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiGo_Wk77rfAhXLvI8KHSiQD8QQ_AUIDigB&biw=1232&bih=671#imgrc=KsaCwjzvJXywlM:
Ngga tau ya gimana caranya ambil gambar dengan seterang ini. Tapi intinya kayak gitulah Gua Kristal. Bener-bener jernih banget airnya dan belum pernah keruh padalan didalem Gua. Kalo kalian liat sekilas, mungkin kalian bakal mikir itu cuma gua aja ngga ada airnya. Tapi percaya sama uwe, itu adaaa aernya yang tosca-tosca itulooh. Itu beneran air meen :(

Udah selesai main-main, kami pulang deh. Karena Nia harus ibadah malemnya. Besokannya lanjot perjalanan ke Labuan Bajoooooooo...
Anyway, di deket gereja Katedral di Kupang ada warung bakso kaki 5 gitu enak banget. Yang jual orang Wonogiri (Jawa) super enak banget dan murah. Wajib coba deh kalo lagi ke Kupang.

Daan... saatnya kami ke Labuan Bajo via udara. Karena kalo pake kapal nunggunya lama buanget. Waktu itu kami ngeburu cuaca biar ngga keburu pasang dan gelombang besar.

Sampailah lagi di bandara El Tari, Kupang.

Waktu ini kita excited banget parah. Pertama kalinya ke Labuan Bajo. Pas tahun 2015 kami ke Labuan Bajo, wisatanya belom setenar sekarang. Jadi, masih jarang orang yang kesana.

Biasaa.. kami menggembel dulu sembari nungguin boarding.
Okhaayy, segitu dulu cerita perjalanan singkat dari Alor menuju Kupang lanjut Labuan Bajo.

Oiya, aku mau sampein sesuatu..
Kalo kalian takut untuk pergi-pergi jauh (traveling), hilangkan rasa takut itu jauh-jauh. Seenggaknya aku pernah ngalamin takut sejadi-jadinya gimana kalo pergi jauh dan nggak familiar juga sama tempat baru ini, apalagi orang-orangnya. Tapi, ketakutan itu semua nggak akan membuat kalian lebih peka terhadap alam sekitar, tidak membuat kalian lebih open minded dan toleran terhadap sesama.

Ketakutan yang aku lawan bisa menghasilkan pengalaman luar biasa yang nggak akan pernah aku lupain seumur hidup. Punya temen-temen baru, bahkan bukan cuman didaerah atau pulau yang aku tinggali, tapi di pulau-pulau lain di Indonesia.

Guys, percayalah Indonesia itu luas banget. Aku bahkan ngga pernah menyangka akan seberagam ini Indonesiaku, seluas ini, dan seramah ini. Indonesia itu bagus banget. Keluarlah dari rumah, jalan kemana kamu mau, percaya sama aku, traveling adalah investasi batin yang nggak akan pernah kamu sesali seumur hidup.

Selamat jalan-jalan dan jangan buang sampah sembarangan ya :)

Xoxo.

Wamanda.




You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook